Percaya diri Anda Kurang? ini 18 tips meningkatkannya pemalu jadi berani di depan umum dan pergaulan

Percaya diri - Gimana sih cara meningkatkan kepercayaan diri, dalam diri kita?
Sekarang ini, yang nama nya rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari – hari, dalam pergaulan bahkan dalam dunia pendidikan dan karier, rasa percaya ini sangat dibutuhkan. Rasa percaya diri ini harus kamu mulai sejak dini agar dapat membantu kamu meraih keberhasilan dan sukses di segala bidang.
Percaya diri
via goldcoastmeditation.org
Kenapa? Karena dengan rasa percaya diri, pikiran kamu akan selalu dipenuhi dengan hal – hal yang positif dan mengkuatkan keyakinan kamu untuk meraih tujuan. Sama halnya dengan pergaulan, kepercayaan diri merupaka salah satu kunci untuk memperluas pergaulan kamu.

Percaya diri itu sederhana


Tapi, gimana jika kamu masih kurang memiliki percaya diri dan gimana agar kamu dapat meningkatkan nya dengan cepat? Nah, berikut ini ada beberapa cara yang sederhana untuk membantu meningkatkan percaya diri dalam bergaul yang bisa kamu lakukan..

1. Lupakan Standar Orang


Sekarang ini, banyak sekali hal yang bisa membuat orang menjadi kurang percaya diri, mau itu dari lingkungan sekitar atau bahkan bisa dari keluarga atau teman sendiri. Apa lagi jika kita atau mereka membandingkan diri kita dengan orang lain dengan pencapaian mereka.

Nah, untuk meningkatkan kepercayaan diri ini, kamu harus tetap berpegang teguh kepada apa yang menjadi standar kamu. Jangan sampai kamu berusaha mati – matian, tapi hanya untuk mengikuti standar yang di tetapkan oleh orang lain. Karena sampai kapanpun waktu kamu tidak akan cukup untuk memuaskan orang lain, yang ada nanti kamu malah merasa lelah baik itu batin kamu ataupun fisik kamu.

2. Berlatih Komunikasi Dan Ikut Berpartisipasi


Nah, untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu, kamu harus perbanyak komunikasi dan selalu ikut ambil bagian pada sebuah obrolan atau diskusi, pada bagian ini kamu harus tau yang mana menjadi bagian obrolan kamu, bukan bermaksud untuk ikut campur obrolan orang lain yang tidak kamu ngerti.

Mungkin kamu merasa tidak banyak yang bisa kamu katakakn atau kamu merasa pikiran atau pandangan kamu tidak terlalul berharga di mata orang lain. Kalo begini, terus gimana dong? Kamu bisa coba untuk berbicara, kumpulkan keberanian kamu, kamu bisa melatih itu dengan teman dekat kamu ataupun keluarga kamu. Nah.. jika kamu sudah terbiasa melakukannya, maka nantinya ini akan menjadi kebiasaan kamu dan apapun yang kamu lakukan akan menjadi lebih mudah.

3. Perluas Pengetahuan


Jaman sekarang ini, banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk memperluas pengetahuan kamu, mau itu dengan membaca buku, mengikuti berita dunia politik hingga entertainment atau kamu bisa sering – sering menggunakan smartphone kamu untuk menjelajahi internet.

Dengan begitu kamu akan dengan mudah memperluas wawasan dan topik pembicaraan yang menyenangkan saat bersosialisasi dengan orang lain, dan nanti kamu akan dengan mudahnya nyambung apabila diajak mengobrol. Jika kamu lancar berbicara dalam pergaulan , itu bisa menambahkan rasa percaya diri kamu.

4. Perhatikan Penampilan


Meningkatkan rasa percaya diri dalam bergaul bisa juga dipengaruhi oleh penampilan yang kamu miliki. Walaupun kamu memiliki gaya yang sesuai dengan karakter kamu, usahakan agar kamu selalu terlihat bersih dan tampil serapi mungkin.

Karakter dan tampilan yang kamu tunjukkan merupakan hal yang sangat penting, tapi penampilan luar kamu merupakan hal yang paling utama yang menentukan penilaian karakter seseorang terhadap kita. Tidak ada salahnya bukan, jika kamu menyempurnakan tampilan fisik kamu agar bisa menambah percaya diri dan memperluas koneksi kamu.

5. Tersenyum 


Tersenyum merupakan tips 1 detik jika kamu sedang merasa gugup dan tidak peracaya diri. Kamu tidak hanya tersenyum jika kamu merasa senag atau percaya diri, tapi sebaliknya, kamu bisa tersenyum untuk membuat diri kamu merasa lebih baik. Tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif sehingga , ga mungkin kan jika kamu merasa tidak enak ketika tersenyum? Ya.. kecuali kamu terpaksa.

Tersenyum bisa membantu kamu melepaskan hormone endorphin yang bisa membantu kamu merasa lebih baik, tersenyum juga bisa membantu kamu meningkatkan sirkulasi darah di wajah kamu, bisa juga membuat kamu merasa nyaman dengan diri kamu sendiri dan tentunya bisa membantu kamu meningkatkan rasa percaya diri kamu. Kamu juga akan terlihat lebih percaya diri di hadapan orang lain ketika kamu tersenyum.

Baca juga : Tips cari jodoh yang baik

6. Tatap Mata Lawan Bicara Kamu


Jika kamu melakukan kontak mata dengan lawan bicara kamu, kamu bisa menambah percaya diri kamu, karena dengan melakukan kontak mata bisa membantu kamu menjauhkan perasaan ragu dan malu yang muncul pada diri kamu.

Jika hal ini bisa dilakukan saat bergaul, cara yang sederhana ini juga akan sangat membantu kamu, apabila kamu bisa menerapkannya juga di dunia kerja, apalagi  saat kamu bertemu dengan pewawancara dalam sebuah interview.

Bukan hanya itu saja lho.. Menatap lawan bicara bisa juga membantu kamu menghilangkan rasa takut dan gugup saat kamu sedang berbicara di depan umum

7. Ketahui Kualitas Diri Kamu


Untuk membantu kamu menetapkan standar yang tepat dan baik dengan kamu, kamu harus belajar segala kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Kamu bisa pelajari lagi kelebihan kamu agar nanti kekurangan yang kamu miliki tidak terlalu terlihat dan kamu bisa mulai mengatasi kekurangan tersebut.

Setidaknya, mulai lah untuk bisa menhargai diri sendiri, kamu harus bisa menerima diri kamu sendiri apa adanya , di samping itu kamu juga harus bisa sambal terus memperbaiki diri dan ubah diri kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan begitu rasa percaya diri kamu akan terus meningkat secara perlahan.

8. Berpikir Positif


Meningkatkan rasa percaya diri dalam bergaul juga bisa kamu mulai dengan selalu berpikiran yang positif. Kamu harus bisa yakin, jiak diri kamu menarik dimata semua orang, orang selalu ingin berteman dengan kamu. Kamu bisa beraltih berpikir positif mengenai hal tersebut dan secara tidak langsung dan tidak sadar, itu akan menambah rasa percaya diri kamu.

9. Bicara Secara Perlahan


Sebuah tips sederhana agar kamu terlihat atau bisa menjadi lebih peracaya diri adalah dengan bicara peralahan. Jika kamu bicara terlalu cepat, kamu sendiri tentunya akan merasa tidak enak karena kamu sadar jika kamu berbicara terlalu cepat. Bicara secara perlahan bisa memberikan kamu kesempatan untuk memikirkan apa yang akan kamu katakana selanjutnya. Jika kamu sedang berbicara atau melakukan presentasi, kamu bisa berhenti sejenak, agar orang lain bisa mencerna apa yang kamu katakan.

Berbicara perlahan menunjukkan kepercayaan diri seseorang, seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat orang lain menunggu hal – hal yang tidak layak didengarkan.

10. Tentukan Langkah Kamu Selanjutnya


Jiak kamu tidak yakin dengan apa yang harus kamu lakukan, kamu bisa menemukan langakah sederhana yang bisa membantu kamu untuk terus maju. Hal ini bisa saja kamu lakukan dengan melakukan kontak mata pada sebuah pesta, kamu bisa memulai perkenalan diri terlebih dahulu terhadap orang asing, atau kamu bisa mencairkan kebekuan dalam sebuah rapat, bisa juga dengan menanyakan orang yang mewawancarai kamu untuk menunjukkan yang kamu miliki terahdap industry atau perusahaan mereka.

Kamu haru berani bertindak meskipun kamu tidak memiki gambaran yang jelas mengenai apa yang seharusnya kamu lakukan, capailah tujuan yang sudah kamu impikan, perbaiki diri kamu dan belajarlah dari kesalahan.

Gimana? Kamu bisa kan coba untuk meningkatkan percaya diri kamu? Nah, jika sudah tapi kamu ingin memperluas lagi pergaulan kamu lagi, bukan? Jika benar, maka kamu harus mendorong kehidupan kamu, agar menjadi lebih baik lagi, maupun itu tentang pertemanan, maupun kehidupan dalam karier kamu. Jika kamu sudah memperluas jaringan pertemanan kamu nantinya, ini akan sangat membantu kamu  dalam meimiliki wawasan yang luas, karena kamu bisa langsung mendapatkan pengetahuan secara langsung dari pengalaman dan keahlian orang lain serta bisa membuat pikiran kamu menjadi lebih terbuka.

Baca juga : Ciri Cowok Manis

Memperluas pergaulan meningkatkan Percaya Diri


Lalu, gimana sih cara nya agar kamu bisa memperluas jaringan pertemanan kamu? Kamu bisa mempraktikkan langkah – langkah berikut ini..

1. Beri senyuman dan menyapa lebih dulu


Jika kamu nanti bertemu dengan seseorang dan orang itu berusaha untuk menarik perahtian kamu dan dia juga memberikan sambutan yang positif, kamu bisa membalasnya dengan tersenyum. Saat kamu mencoba untuk berkenalan dengan orang baru, kamu tidak perlu takut untuk menyapa duluan kepada orang yang tidak kamu kenal.

Siapa sih yang suka jika tidak ada orang yang ingin berteman dengan nya? emang kamu suka? Jika kamu sendiri tidak suka, maka kamu bisa terlebih dahulu memberikan sambutan yang hangat dan ramah kepada orang tersebut. Nah, jangan sampai senyum yang kamu berikan itu adalah senyuman yang terkesan jahat, karena itu akan membuat orang di sekitar kamu tidak nyaman.

Ada kemungkinan juga jika kamu tidak akan bertemu dia lagi, dan kamu hanya kebetulan bertemu saja, tapi setidak nya jika kamu bisa melakukannya, kamu telah menunjukkan sisi positif dalam diri kamu dan kamu juga berkesempatan untuk memiliki banyak teman.

2. Memperlihatkan sikap sopan


Jika kamu ingin memperluas pergaulan kamu, maka dengan memperhatikan sikap yang kamu miliki adalah hal yang penting. Selalu bersikap sopan dan baik kepada orang lain bisa membuat kamu menjadi orang yang menarik dan menyenangkan bagi orang lain. Jika nanti kamu bertemu dengan siapapun, ada baiknya jika kamu memperlihatkan sikap kamu yang hangat dan ramah. Dengan kamu bisa bertegur sapa yang manis dan hangat, lalu dengan ekspresi wajah bersahabat dan bahasa tubuh yang tulus adalah modal awal untuk memiliki banyak teman.

Jika kamu memiliki waktu luang, waktu luang kamu bisa digunakan untuk memperluas pengetahuan kamu. Yang nantinya , kamu akan menjadi lebih baik lagi jika kamu bisa menjadi orang yang disegani karena pengetahuan yang kamu miliki. Dengan memiliki pengetahuan yang luas, merupakan kunci kemudahan kamu untuk memperluas pergaulan juga, kenapa? Karen ajika kamu memiliki pengetahuan yang luas, itu akan memudahkan kamu untuk mengimbangin tema obrolan orang dari berbagai kalangan, artinya kamu juga bisa diterima di berbagai kalangan juga kan?

3. Menjaga dan memperhatikan ikatan sosial yang sudah ada


Dengan berbagai perkerjaan yang kamu miliki di dalam rutinitas kehidupan kamu, kamu terkadang bisa menjadi kehilangan kontak dengan orang – orang yang sudah kamu kenal. Karena kamu terlalu sibuk, kamu bisa saja menjadi tidak tau tentang kabar mereka dan lebih buruk lagi , bahkan kamu sudah lupa dengan persahabatan yang pernah terjalin, hingga membuat kamu menjadi terasa asing.  Mungkin suatu saat kamu akan merasa membutuhkan mereka, maka itu akan sangat bermanfaat jika tetap hubungan baik dengan teman – teman, kenalan, dan rekan – rekan kamu dari pada kamu akan menyesal di kemudian hari.
Baca juga : Tips Minta Maaf kepada pacar

4. Memanfaatkan teknologi yang tersedia


Dengan kemajuan teknologi komunikasi pada jaman sekarang ini, ini akan membuat kamu tetap mudah dalam berhubungan dengan teman kamu, melalui berbagai media yang tersedia. Kamu tidak perlu khawatir lagi, karena kamu dapat tetap berhubungan dengan semua orang yang kamu kenal melalui e – mail, chatting, dan masih banyak lagi. Ditambah dengan banyak nya berbagai media sosial kamu akan semakin mudah untuk mempertahankan jaringan sosial yang kamu miliki. Kamu juga bisa memperluas pergaulan dengan berkenalan dengan teman – teman baru melalui media sosial yang kamu gunakan.

5. Bergabung dengan organisasi / komunitas


Bergabung dengan organisasi atau dengan suatu komunitas merupakan salah satu cara yang lumayan bagus untuk menambah pertemanan kamu. Kenapa? Karena biasanya ketika kamu sedang berada dalam suatu organisasi / komunitas, kamu bisa saja menemukan teman yang memiliki visi yang sama dengan kamu atau setidaknya dia mempunyai hobi yang sama dengan kamu. Nantinya secara tidak langsung, itu akan mempermudah kamu dalam mendekatkan diri satu sama lain, dan pastinya tingkat kecocokan yang kamu miliki dengan kamu bisa membuat hubungan kamu dengan dia terjalin baik.

6. Jadilah orang yang mudah untuk diajak berbicara


Jika kamu orang nya enak untuk diajak ngobrol, sudah bisa dipastikan jika kamu memiliki banyak teman. Jika ada orang lain yang mengajak kamu berbicara, kamu bisa menanggapi nya dengan antusias, lakukan lah seolah – olah kamu sangat tertarik dengan apa yang dia bicarakan. Maka dengan begitu dia tidak akan segan – segan untuk ngobrol lepas dan nyaman dengan kamu.

Jika dia punya pengalaman yang menarik, pasti dia akan membicarakan nya dengan kamu, karena dia merasa nyaman berbicara dengan kamu. Saat kamu sedang mengobrol, kamu bisa berikan dia tanggapan yang positif dan kamu jangan memotong apa yang sedang dia bicarakan. Kamu juga harus membalas obrolannya dengan membicarakan hal menarik yang pernah kamu alami juga.

Kamu tidak perlu menahan diri kamu, jika kamu ingin tertawa karena itu tertarik, maka kamu bisa tertawa, dengan begitu dia akan merasa  bahwa yang dia obrolkan itu ternyata menarik dan mendapat respon positif dari kamu, tetapi ingat, kamu bukan tertawa karena mengejek nya ya..

7. Berusahalah untuk terbuka


Jika kamu sudah berteman dengan seseorang, kamu bisa coba untuk terbuka dengannya. Saling terbuka yang gimana? Nih, kalo teman kamu bikin kesalahan maka yang harus kamu lakukan itu, ingatkan dia, dan jika kamu berbuat salah maka kamu jangan marah kalo kamu di nasihati oleh teman kamu. Jika  kamu sedang punya maslah, kamu coba untuk terbuka saja, jangan ditutupi.

Siapa tau mereka bisa membantu kamu, jika di lihat – lihat itu juga bia meringankan beban dan teman kamu juga akan merasa senang karena kamu sudah mau mempercayainya.

8. Jadilah orang yang pemaaf


Cobalah untuk menjadi orang yang bisa berlapang dada dan jangan suka membesar – besarkan maslah. Jika ada orang lain yang berbuat salah kepada kamu, maka maafkanlah, jangan kamu sampai dendam kepadanya dan menyebarkan kesalahannya. Begitu juga dengan kamu, jika kamu melakukan kesalahan kamu harus langsung meminta maaf. Walaupun kata – kata maaf itu sederhana tapi tidak semua orang bisa dengan mudahnya melakukan hal tersebut.

Kamu bisa mulai untu jadi orang yang pemaaf, contohnya jika kamu sedang marah dengan orang lain maka kamu bisa menghindari untuk bertemu atau berbicara dengannya. Jika amarah kamu sudah reda, kamu bisa pelan – pelan untuk membicarakan dengannya. Memaafkan orang lain merupakan hal yang sangat membantu untuk memperluas pegaulan kamu.

Nah.. gimana? Kamu udah siap kan untuk memperluas pergaulan kamu? Sebenarnya masih banyak cara yang bisa kamu lakukan, tetapi kamu bisa kembangkan sendiri caranya. Jika kamu bisa melakukan cara – cara seperti yang diatas kamu pasti bisa memiliki banyak teman. Jangan lupa untuk tingkatkan rasa percaya diri kamu juga ya..

Semoga bermanfaat ☺
-Article by Sherene.L-

Belum ada Komentar untuk "Percaya diri Anda Kurang? ini 18 tips meningkatkannya pemalu jadi berani di depan umum dan pergaulan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel