27 Cara mengatasi grogi atau gugup bicara di depan umum?

Momotau.com Cara mengatasi grogi atau gugup - Walaupun setiap hari kamu berbicara, tapi rasanya sulit bukan jika sudah di suruh berbicara secara resmi dihadapan orang banyak? Mau itu cara berbicara di depan umum dengan lancar, ataupun belajar cara bicara di depan umum, tentu bukan hal yang mudah bukan? Oleh karena itu, untuk berbicara di depan umum , kamu harus tau apa saja yang perlu di siapkan saat kamu menghadapi orang banyak. Sehingga nanti kamu akan menjadi lebih yakin saat berbicara dan tentunya dengan rasa gugup atau gemetaran.
Cara berbicara di depan umum agar tidak grogi atau gugup
via icebreakerideas.com

Cara berbicara di depan umum agar tidak grogi atau gugup


Selain keberanian untuk berbicara, kamu juga harus bisa mengetahui cara agar komunikasi kamu bisa di mengerti dengan baik oleh pendengar. Nah, jika kamu mau belajar pasti semuanya akan terasa lebih mudah dan grogi yang kamu rasakan bisa kamu atasi. Biar kamu bisa atasi rasa gugup kamu, kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut untuk membantu kamu..

1. Jadilah Spontan Dalam Berbicara

Gimana sih biar lancar berbicara di depan umum? Buat kamu biar lancar berbicara di depan umum, kamu jangan mengahafalkan semua materi yang akan kamu jelaskan. Tapi, yang harus kamu lakukan adalah memahami materi tersebut, lalu berbicaralah apa adanya dan keluarkan kata – kata yang spontan dan santai. Jika kamu berbicara dengan cara menghafalkan materi tersebut, maka gaya bahasa kamu akan terkesan kaku. Secara tidak langsung, itu akan membuat pendekatan yang kurang antara kamu dengan pendengar, belum lagi jika tiba – tiba kamu melupakan satu kata. Lalu, menjadi semua lupa, tentu itu akan membuat kamu menjadi sulit dan apa yang sudah ada di pikiran kamu menjadi hilang dan kacau.

2. Buat Konsep/ Materi Yang Akan Dibicarakan

Sebelum kamu memulia berbicara di depan banyak orang, kamu harus meniluskan materi pembicaraan kamu dalam bentuk poin – poin. Setelah itu, baru kamu jelaskan poin – poin tersebut secara alami sesuai apa yang ada didalam pikiran kamu saat itu juga. Sehingga nantinya, kamu akan lebih lancar menjelaskan materi tersebut, dan kamu tidak akan melewatkan satupun apa yang ingin kamu sampaikan.

3. Melakukan Interaksi Dengan Pendengar 

Salah satu cara lain agar kamu bisa berbicara dengan baik di depan umum adalah melakukan interaksi dengan pendengar, dengan kamu bisa mendapatkan balasan yang baik dari pendengar, itu merupakan hal yang sangat penting dalam berkomunikasi. Dengan begitu, pembicaraan yang kamu lakukan akan menjadi suasana yang hidup dan komunikasi kamu akan terjalin lancar tanpa gugup. Dari tanggapan yang kamu dapatkan dari pendengar, kamu menjadi bisa mengukur seberapa tinggi tingkat humor yang dapat diterima oleh pendengar.

4. Sisipkan Sedikit Humor

Agar suasana menjadi santa dan ada rasa kekeluargaan yang tercipta, kamu bisa memasukkan humor di sela – sela pembicaraan yang kamu sampaikan. Karena banyak motivator yang menjelasakan, kalo humor itu bisa membantu kamu menyampaikan informasi dengan lembut dan jelas kepada pendengar.  Jadi saat kamu berbicara dengan banyak orang, kamu harus bisa membuat pendengar tertawa dan senang terhadap apa yang kamu bicarakan.

5. Kuasai Materi Yang Akan Disampaikan

Dengan kamu bisa mengasuai materi yang disampaikan, itu bisa membantu kamu untuk berbicara lancar didepan umum. Penguasaan materi ini juga bisa membantu kamu untuk tetap menciptakan pembicaraan yang sesuai dengan materi kamu. Apalagi jika durasi bicara kamu masih panjang dan materi yang kamu bicara kan sudah habis, dengan begini jika kamu mampu menguasai materi, ini akan membantu kamu untuk tetap berbicara lancar tapi sesuai dengan materi.

6. Mengatur Waktu

Setelah kamu mampu menguasai materi yang ingin kamu sampaikan, selanjutnya kamu bisa mengatur waktu atau durasi yang diberikan kepada kamu. Kamu harus perkirakan waktu secara tepat, sehingga nantinya akan memudahkan kamu dalam menyusun materi yang di sampaikan tepat waktu.

7. Manfaatkan Kekuatan Cerita

Masukkan lah beberapa cerita sewaktu kamu diminta berbicara di depan orang banyak, jangan kamu anggap remeh kekuatan dari cerita yang kamu ceritakan. Sebuah pengalaman asli yang pernah kamu alami merupakan media penghubung atau senjata paling ampuh untuk meyakinkan para pendengar. Informasi yang bisa kamu sampaikan dalam bentuk cerita akan mudah larut dan akhirnya akan membuat para pendengar percaya dana tertarik mengikuti pembicaraan kamu hingga akhir nanti.

8. Bangun Kredibilitas

Kamu bisa membangun kredibilitaas diri kamu dengan berbagai banyak cara, misalnya dengan gaya bahasa yang lugas. Cara mudah yang lain, kamu bisa menyiapkan fakta yang berupa fakta nyata untuk mendukung pernyataan yang kamu sampaikan. Kredibilitas nantinya bisa meningkatkan kepercayaan pendengar kepada kamu dan informasi yang kamu sampaikan.

9. Campurkan Antara Cerita, Humor Dengan Pesan Yang Disampaikan

Diusahakan agar kamu bisa membuat pembicaraan kamu menarik dan bisa membuat orang larut dalam pembicaraan kamu. Kamu bisa mencampurkan pembicaraan kamu dengan cerita dan sedikit humor. Nantinya, itu akam membuat pembicaraan kamu membujuk pendengar dan bisa membuat para pendengar menjadi terhibur. Sehingga, para pendengar bisa menangkap pembicaraan kamu dengan baik dan cepat.

10. Berbicara Dengan Kata Yang Jelas

Usahakanlah agar setiap kata yang muncul dari mulut kamu bisa terdengar jelas di telinga pendengar, karena itu merupaka cara bicara di depan umum yang tepat. Jika pembicaraan kamu jelas, semua informasi yang kamu sampaikan nantinya akan dengan mudah di terima oleh pendengar dengan baik.  Para pendengar tidak akan penasaran lagi dan bingung denga nisi pembicaraan yang kamu sampaikan.

11. Menggunakan Intonasi Yang Berbeda

Dalam pembicaraan yang kamu sampaikan, kalo bisa jangan menggunakan satu intonasi saja, selama kamu berbicara di depan umum. Karena apa? Jika sampai itu terjadi, para pendengar akan mudah bosan dengan apa yang kamu bicara kan, karena intonasi yang kamu gunakan hanya itu – itu saja. Apa bila kamu memiliki informasi yang penting, kamu bisa berikan intonasi yang tinggi tapi lembut. Namun, jangan berikan intonasi yang membentak ya..!

12. Lakukan Kontak Mata

Salah satu hala yang penting saat kamu berkomunikasi adalah kontak mata. Dengan adanya kontak mata antara kamu dengan pendengar, maka kamu bisa membuat pendengar terasa special dan diperhatikan. Para pendengar akan lebih senang jika perhatian mereka tidak bertepuk sebelah tangan.

13. Pakailah Bahasa Tubuh Yang Baik

Ada beberapa pembicara tidak menggunaka bahasa tubuh nya ketika mereka berbicara di depan orang banyak. Ada yang mereka hanya sekedar berbicara saja, padahal gerakan atau bahasa tubuh bisa membantu mereka untuk memberikan penegasan terahadap informasi yang disampaikan. Kamu bisa mulai berlatih di depan cermin dan kamu bisa bergaya sambal memainkan gerakan tangan kamu. Buatlah gaya khas dari kamu, yang dimana gaya tersebut hanya dimiliki oleh kamu, jadi nantinya para pendengar akan dengan mudah tau identitas kamu, atau setidaknya mereka akan dengan mudah mengingat kamu.

14. Jangan Ragu Untuk Ambil Nafas Sejenak

Untuk kamu yang masih merasa gugup untuk memulai pembicaraan kamu, ada baik nya kamu bisa mengambil nafas sejenak. Dengan kamu mengambil nafas sejenak, itu akan mengurangi rasa gugup yang ada didalam diri kamu. Gapapalah sesekali mengambil nafas, itu bisa membantu kamu mengistirahatkan mulut dan pikiran kamu, nafas akan membuat kamu lebih santai dan lega.

15. Hindari Kata Eh Atau Emh

Jika pembicaraan kamu ingin bisa menarik perhatian para pendengar, maka kamu harus menghindari kata eh atau emh. Kalo kamu ga sengaja pengen keluarin kata itu, maka ada baik nya jika kamu segera menutup mulut kamu. Kamu bisa mengganti kata tersebut dengan mengambil nafas dan memikirkan informasi apa lagi yang ingin kamu sampaikan.

16. Tampil Dengan Menarik

Buatlah penampilan kamu sebaik mungkin, bedirilah dengan tegak dan sejajar, jangan merasa minder atau ragu untuk melangkah ke podium. Buat lah diri kamu semenarik mungkin untuk dilihat banyak orang.

17. Percaya Diri

Satu hal yang tidak kalah pentingnya dan cara berbicara di depan umum yang paling ampuh addalah dengan mengembangkan sikap percaya diri. Kamu harus berjalan dengan penuh keyakinan, tersenyum, angkat kepala ke depan, dan buat postur tubuh yang tegak atau tegas, dengan cara begitu, kamu menunjukkan sikap percaya diri kamu.

18. Buang Semua Tekanan Yang Ada

Mungkin sebelum kamu tampil, rasa gugup dan minder akan menghinggapi diri kamu. Hal ini merupaka hal yang biasa, bahkan pembicara yang sudah lebih senior dari kamu yang mempunyai jadwal untuk kemana – mana saja masih bisa seperti itu. Tapi, buang lah rasa minder yang ada pada diri kamu, kamu harus bisa menguasai diri kamu, dan ubalah pola pikiran kamu. Yang perlu kamu pikirkan adalah percaya bahwa diri kamu akan membawa informasi yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh pendengar.

19. Persiapan

Selain penampilan, kamu harus menyiapkan segala kebutuhan yang mendukung pembicaraan kamu. Mulai dari poin – poin penting, air mineral hingga sapu tangan untuk membersihkan keringat kamu. Periksalah semua perlengkapan kamu sebelum menuju ke podium.

20. Teruslah Berlatih

Untuk menjadi pembicara yang baik , kamu harus banyak berlatih dan terus berlatih. Kamu harus sering berbicara di depan orang banyak apabila ada kesempatan yang mendukung kamu. Dengan begitu, seriring berjalannya waktu dan latihan serta belajar dari kesalahan bisa membantu kamu untuk berbicara dengan baik di depan banyak orang.



Nah, itulah cara mengurangi rasa gugup atau grogi kamu saat berbicara di depan banyak orang.

Teknik berbicara yang baik di depan orang banyak

Teknik berbicara yang baik di depan orang banyak
via politico.com

Untuk membantu berbicara lebih baik di depan banyak orang, maka kamu harus mengetahui beberapa teknik berbicara yang baik. Jika kamu ingin menjadi lebih baik lagi, maka kamu harus mampu menguasai beberapa teknik bicara berikut ini….

a. Melihat dari sudut pandang baru

Ketika kamu bisa berpikir lebih jauh dan lebih mau dari orang lain, maka kamu bisa melihat sesuatu hal yang baru yang mungkin bisa saja orang itu tidak melihatnya. Tentunya agar kamu bisa mendapatkan kemampuan ini, kamu perlu latihan serta memiliki wawasan yang luas.

Kamu bisa memperbanyak baca buku mengenai pengetahuan umum atau kamu boleh juga banyak menonton berita. Dengan seperti maka kamu bisa memiliki pandangan yang luas, serta kamu bisa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda tentunya.

 Ketika kamu bisa melihat sesuatu hal yang berbeda, maka orang akan kagum dan mengakui kemampuan kamu dalam berbicara. Tentunya dengan untuk melihat suatu pandangan dari sisi yang berbeda ini tidaklah mudah. Tapi kamu harus yakin bahwa suatu saat kamu akan bisa, dengan seiring pengetahuan yang kamu miliki sekarang.

b. Antusiasme

Salah satu faktor keberhasilan ketika orang berbicara didepan umum adalah mereka mampu menikmati apa yang sedang mereka lakukan sekarang. Tentunya para pendengar akan tahu mana orang yang sedang menikmati apa yang sedang mereka sampaikan dan mana yang hanya sebatas formalitas saja dalam menyampaikan.

Jika kamu sangat antusias terhadap apa yang kamu sampaikan, kamu akan merasa bebas dan enjoy.  Antusiasme itu bisa dilihat dari kesediaan yang mereka berbagi apa yang mereka telah lalui seperti pengalaman, maupun itu sukse atau kegagalan yang mereka raih.

c. Jangan membicarakan diri sendiri

Untuk mempertahan kan pembicaraan, kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada partner ata lawan bicara kamu. Jangan sampai kamu terlalu asik menceritakan diri sendiri jika lawan bicara tidak meminta nya. Jika memang niat kamu akan berbagi pengalaman, tapi jika terlalu lama akan menimbulkan rasa bosan serta jenuh.

Kamu bisa memulai pembicaraan dari sebuah diskusi hingga menjadi diskusi yang “cukup menguras otak”. Jika kamu bisa lakukan diskusi menjadi lebih menarik, maka pendengar akan lebih tertarik dengan apa yang kamu bicarakan.

d. Rasa ingin tau

Orang yang asik untuk diajak berbicara adalah orang yang memiliki empati kepada kita sehingga mereka sangat antusias terhadap kita. Tentunya kamu pasti akan merasa sangat malas jika berbicar dengan orang yang memiliki tanggapan atau ekspresi yang datar saja bukan?

e. Tunjukkan lah selera humor

Humor memiliki tempatnya, dan memiliki waktu yang tepat juga. Kamu jangan terlalu lama serius dalam sebuah pembicaraan, karena hal seperti itu akan membuat orang akan jenuh dan bosan. Kamu bisa lah sesekali menyisip kan humor – humor yang bisa membuat orang tertawa.

Kamu juga harus ingat, dalam memberikan humor pun jangan terlalu sering sehingga orang lupa terhadap pembicaraan yang sedang dilakukan sebelumnya. Kamu harus bisa membuat pembicaraan yang memiliki unsur, serius secukup nya, humorpun secukupnya. Simple bukan?

f. Teknik berbicara sendiri

Buatlah sebuah ciri khas dari diri kamu, seperti apa orang akan menilai kamu ketika kamu sedang berbicara di depan umum. Jangan kamu membuat gaya bicara yang di miliki oleh orang lain, buatlah gaya bicara yang sesuai dengan karakter kamu, buat karakter kamu sebaik mungkin.

Jadi ketika orang lain sedang berbicara dengan kamu, makan orang tersebut akan tau seperti apa karakter kamu. Jadikanlah pribadi diri kamu dengan karakter yang baik.

g. Memperluas cakrawala

Gimana sih biar kamu bisa dengan mudah memperluas cakrawala kamu? Dengan kamu mendengar orang lain, kamu bisa denga mudah menambah cakrawala kamu agar kamu labih baik dalam teknik berbicara. Ketika kamu memiliki orang tua, saudara, kakek, nenek, atau orang lain yang pengalamannya jauh diatas kamu, maka kamu bisa ajak mereka untuk berdiskusi. Kamu bisa mencari setiap informasi dari mereka. Pengalaman yang kamu dapatkan dari mereka akan membantu kamu membuka wawasan dan pengetahuan baru bagi kamu.
Nah, gimana? Kamu udah tau kan tekniknya? Langsung di praktikkan ya.. setelah kamu mampu mengatasi rasa grogi kamu berbicara di depan umum, kamu bisa memantapkan cara berbicara kamu, dengan lebih baik lagi, dengan teknik – teknik yang ada di atas. Jangan grogi yaa….
Semoga bermanfaat ☺

-article by Sherene.L-

Belum ada Komentar untuk "27 Cara mengatasi grogi atau gugup bicara di depan umum?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel