24 Kewajiban Dan Tanggung Jawab Istri setelah menikah jadilah sholehah

Momotau.com Kewajiban Dan Tanggung Jawab Istri - Buat kamu para wanita, kalo kamu sudah menikah pastinya kamu memiliki peranan yang berbeda dari sebelumnya. Jika sebelumnya kamu hanya hidup di dalam lingkungan keluarga dan memiliki kewajiban sebagai anak terhadap orang tua dan sebagai seorang saudara terhadap adik atau kakak. Untuk sekarang, jika kamu sudah menikah tentunya kamu memiliki kewajiban tertentu terhadap suami kamu.
Kewajiban Dan Tanggung Jawab Istri setelah menikah
via mubaadalahnews.com

Kewajiban istri terhadap suami dan keluarga


Buat kamu yang belum tau, apa saja sih kewajiban istri , kamu bisa melihat beberapa penjelasan berikut ini..

1. Taat Kepada Suami


Buat kamu yang sudah menikah , kamu memiliki beberapa kewajiban yang paling pertama yaitu taat kepada suami kamu. Hal ini berarti kamu harus taat dalam segala hal, termasuk dalam kewajiban suami istri kecuali jika kamu ada halangan atau sedang sakit. Ketika kamu sudah menikah, maka suami mengambil tanggung jawab penuh kepada seorang wanita, kehidupan kamu setelah menikah juga akan di tentukan oleh suami kamu. Karena itu kamu sebagai wanita wajib untuk menaati suami kamu, tapi dengan catatan selama suami kamu masih berada di jalan yang benar.

2. Menjaga Kehormatan Diri Sendiri


Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa jika wanita yang sudah menikah tidak perlu lagi menjaga citra dirinya karena dia sudah berada di dalam perlindungan suami, tapi itu merupakan kesalahan yang besar. Buat kamu para wanita yang sudah menikah justru tetap harus menjaga diri kamu agar menjadi lebih baik lagi dalam bersikap dan bertutur kata agar kamu tidak merusak nama baik suami kamu.

3. Mendidik Dan Mengasuh Anak – Anak


Jika kamu sudah memiliki anak, bagian dari tanggung jawab kamu adalah untuk mengasuh dan mendidik anak kamu bersama dengan suami kamu. Peran ibu dalam keluarga tentu berbeda dengan peran ayah dalam keluarga, karena itu lah kalian pasangan suami istri harus bisa saling melengkapi dalam mendidik anak. Selain itu kamu juga wajib mendidik anak agar kisah anak durhaka kepada orang tua tidak terjadi pada anak kamu.

4. Menjaga Rahasia Suami


Salah satu kewajiban kamu setelah menikah adalah menjaga rahasia suami kamu. Aturan bagi wanita yang sudah menikah adalah kamu tidak boleh membicarakan keburukan atau rahasia suami kepada orang luar atau orang lain, termasuk juga menceritakan apa yang terjadi dalam hubungan kamu dengan suami kamu di rumah.

Misalnya , kamu menceritakan kehidupan intim suami istri kepada orang lain, walaupun itu sahabat dekat kamu atau orang tua dan keluarga nya sekalipun. Kecuali jika kamu berada dalam keadaan yang sangat genting , ketika benar – benar membutuhkan bantuan dari beberapa sifat buruk suami kamu.

5. Memelihara Kerukunan Rumah Tangga


Kerukunan dalam rumah tangga dapat terwujud dengan bantuan peranan dari suami dan istri, dari sisi wanita perannya adalah istri tugas kamu adalah memelihara dan menjaga kerukunan rumah tangga agar tetap utuh dan damai serta rukun dalam hubungan atar anggota keluarga lainnya. Kamu juga harus tau cara membina keluarga yang baik dan menjaga kehidupan rumah tangga dalam agama kamu agar sesuai dengan adat istiadat yang ada.

6. Menjaga Dan Menghormati Orang Tua


Menikah bukan menjadi alasan untuk kamu memperlakukan orang tua kamu atau orang tua suami kamu dengan buruk atau menjadi orang asing, menikah bukan berarti kamu putus hubungan dengan orang tua kamu. Bagi kamu yang sudah menikah, kamu tetap memiliki kewajiban untuk menghormati orang tua kamu dan kamu tetap harus mencari cara agar bisa membahagiakan orang tua kamu, walau pun kamu sudah berada di bawah perlindungan suami, kamu sebagai seorang anak tetap memiliki kewajiban untuk membahagiakan orang tua kamu.

Tentu saja sebagai suami yang baik, suami kamu akan mengijinkan kamu untuk tetap menjaga dan berbakti kepada orang tua kamu, selama hal itu baik dan tidak menuju kepada keburukan.

7. Menjaga Dan Menghormati Mertua


Kewajiban wanita setelah menikah lainnya adalah kamu tetap turut menjaga dan menghormati orang tua suami kamu atau mertua kamu. Sedangkan untuk pria yang sudah menikah mereka tetap haru mendahulukan orang tua mereka. Karena bagaimana pun orang tua lah yang telah melahirkan dan membesarkan kalian, karena itu mereka patut menerima rasa hormat dan bakti yang sama dengan orang tua sang menantu.
Dengan demikian, kewajiban wanita yang sudah menikah antara lain adalah kamu harus berusaha untuk menjaga hati mertua , menghormatinya, dan membahagiakan mereka juga.

8. Menjalankan Ajaran Agama


Untuk kamu para wanita yang sudah menikah, kamu tetap memilki kewajiban untuk tetap beribadah dan menjalankan kewajiban – kewajiban kamu dalam beragama, seperti pergi ke tempat ibadah, bersedekah, melakukan kebaikan lainnya.. Termasuk juga menjalankan rumah tangga kamu sesuai dengan ajaran agama yang kamu anut dan kamu jangan lupa untuk menerapkan pendidikan agama dalam keluarga terhadap anak – anak kamu serta seluruh anggota keluarga kamu.

9. Menjaga Ucapan Dan Tingkah Laku Kepada Suami


Wanita yang bertutur kata halus dan lembut kepada suami , jika kamu bisa melakukakn hal tersebut, itu menunjukkan jika kamu telah memenuhi salah satu kewajiban kamu sebagai seorang istri setelah menikah. Kamu sebagai seorang istri wajib menyampaikan segala sesuatu yang menjadi maksud kamu kepada suami kamu untuk menjaga hubungan yang baik dengan suami dan kerukunan dalam rumah tangga. Tentu saja hal ini juga harus diimbangi dengan cara suami kamu memperlakukan kamu dengan baik.

10. Menghargai Dan Menghormati Suami


Kewajiban untuk kamu wanita yang sudah menikah adalah kamu harus bisa memperlihatkan penghargaan dan rasa hormat terhadap suami kamu. Suami kamu adalah pemimpin dalam rumah tangga, oleh karena itu suami kamu berhak mendapatkan rasa hormat serta penghargaan dari istrinya. Dengan demikian kamu akan bisa mencapau keluarga bahagia dan harmonis sesuai yang kamu inginkan.

11. Mempertahankan Kesetiaan Kepada Suami


Kesetiaan merupakan hal yang sangat penting saat kalian sudah menikah, untu kamu yang sudah menikah kamu wajib untuk setia kepada suami kamu dalam perkawinan dan dalam keadaan apapun selama kalian masih terikat tali perkawinan. Dengan adanya kelakuan yang tidak setia di antara kalian bisa menjadi salah satu di antara kalian menjadi durhaka atau pengkhianat di dalam hubungan kalian.

12. Bersabar Terhadap Suami


Suami kamu bukan lah orang yang sempurna, dia pasti juga memiliki kekurangan tertentu. Kewajiban kamu yang sudah menikah adalah untuk bersabar terhadap kekurangan suami kamu, karena dia sendiri pun pasti memiliki kekurangan di dalam dirinya. Kamu patut bersabar terhadap suami kamu selama perkawinan kamu masih berada di dalam jalur yang baik.

13. Menjaga Harta Suami


Untuk kamu yang sudah menikah juga memiliki kewajiban untuk menjaga harta milik suami kamu. Kamu bisa menjaga harta suami kamu dengan cara menghindari hidup boros dan pintar untuk mengatur keuangan rumah tangga.

14. Meminta Ijin Suami


Jika kamu sudah menikah kamu perlu minta ijin suami kamu jika kamu ingin pergi keluar rumah atau kamu ingin melakukan suatu kegiatan tertentu yang membutuhkan pertimbangan mendalam.
Ya, kira – kira seperti itu lah kewajiban kamu sebagai seorang istri. Mungkin untuk beberapa orang yang kurang memahami ajaran agama, mungkin akan ada pendapat kalo segala kewajiban wanita setelah menikah itu terlalu mengikat dan membatasi hak seorang wanita, tapi sebenarnya semua ini di tujukan untuk melindungi dan menempatkan kamu sebagai seorang wanita di posisi yang sesuai dengan kodrat penciptanya.

Tapi, untuk kamu seorang wanita yang sudah menikah kamu juga memiliki tanggung jawab yang berbeda loh.. Oleh karena itulah membina rumah tangga tidak semudah membalik kan telapak tangan. Bukan sekedar kalian mengawalinya dengan pesta pernikahan saja, tapi kalian juga membutuhkan pengertian kasih sayang kedua pasangan, jika salah satu dari kalian lebih ke mengatur rumah tangga, maka ini akan menyebab kan terjadinya perang dingin yang memicu perselingkuhan yang berujung pada perceraian, akibatnya anak – anak kamu menjadi korbannya juga.

Baca : Kewajiban suami

Tugas dan tanggung jawab istri kepada suami dan keluarga

Tugas dan tanggung jawab istri kepada suami dan keluarga
via kartunmuslimah.com

Untuk mengetahui apa saja tanggung jawab kamu sebagai seorang istri, kamu bisa melihat beberapa penjelasan berikut ini..

1. Menjadi Wakil Suami Dalam Keluarga


Kamu sebagai seorang istri bertanggung jawab untu mengelola dan bertanggung jawab terhadap kehormatan, harta dan segala urusan rumah tangga, ketika suami kamu sedabg tidak di rumah. Kamu harus bisa menempatlan diri sebagai wakil suami selaku pemimpin rumah tangga.

2. Memelihara Dan Mengasuh Anak – Anak


Mau itu anak kandung atau pun anak tiri kamu tetap haru mengasuh dan mendidiknya sebaik mungkin. Karena kewajiban mengasuh anak – anak merupakan bagian dari kewajiban istri kepada suaminya.

3. Membantu Kehidupan Agama Suami


Kamu sebagai seorang istri adalah orang yang paling  bertanggung jawab untuk meluruskan perilaku suami kamu yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

4. Berdandan Untuk Menggairahkan Suami


Jika kamu membiarkan pria lain untuk meraba tubuh kamu, maka itu akan membuat suami kamu merasa jijik memandang diri kamu. Yang benar kamu harus merawat dan hias tubuh kamu untuk suami kamu.

5. Memlihara Harga Diri Dan Harta Suami


Kamu harus menaati suami kamu, menjaga harta suami dan memelihara kehormatannya pada saat suami kamu tidak ada di rumah.

6. Mengikuti Tempat Tinggal Suami


Kamu sebagai seorang istri memang wajib untuk mengikuti tempat tinggal yang di sediakan oleh suami kamu. Tapi, jika ternyata lingkungan tempat tinggal kamu adalah lingkungan yang tidak baik atau tidak aman baik dari segi bangunan maupun keselamatan badan, mkan kamu punya hak untuk menolak nya.

7. Selalu Lembut Dalam Memandang Suami


Sikap lembut yang kamu berikan kepada suami kamu ini, maksudnya adalah kamu bersikap ramah, murah senyum, berlapang dada, dan santun kepada suami kamu, walaupun suami kamu sedang marah. Dengan kamu bisa menumbuhkan sikap lembut ini, kamu bisa meluruskan pandangan suami kamu yang salah.

8. Menggunakan Harta Suami Dengan Ijinnya


Menggunakan harta suami sering sekali di lakukan oleh istri dengan berbagai alasan, salah satunya karena uang belanja tidak cukup, tapi alasan ini akan di benarkan apa bila kamu memang menggunakan nya untuk mencukupi belanja bukan untuk kepentingan lain. Tapi, sekali lagi perlu di tegaskan, kamu tidak boleh menggunakan harta suami kamu tanpa ijinnya, kecuali untuk mencukupi kepentingan belanja secara wajar.

9. Menaati Perintah Suami Dalam Kebenaran


Kamu hanya boleh menaati perintah suami kamu, selam perintah yang dia berikan itu benar. Bila perintah yang di berikan itu bertentangan, kamu bisa menolaknya walaupun itu menimbulkan akibat – akibat yang pahit.

10. Menemani Suami Makan Sampai Selesai


Temanilah suami kamu untuk makan, baik itu makan siang atau pun makan malam. Bukankah, justru kamu lebih pas menemani suami kamu makan minum di rumah, sehingga keluarga kamu menjadi harmonis.

Nah, buat kamu yang baru saja menikah, atau kamu sebagai istri yang belum tau kewajiban kamu dan tanggung jawab kamu, kamu wajib sekali untuk membaca hal di atas dengan baik ya… Ciptakan hubungan yang harmonis dalam keluarga kalian..

Semoga bermanfaat ☺
-article by Sherene.L-

Belum ada Komentar untuk "24 Kewajiban Dan Tanggung Jawab Istri setelah menikah jadilah sholehah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel