Punya Masa Lalu Yang Buruk Dan Menyakitkan? Ini Dia Cara Move On Nya!

Cara Move On - Cara melupakan masa lalu yang menyakitkan sangat sulit untuk di lakukan bukan? Tapi, terkadang bagi sebagian besar orang, bisa dengan mudah mereka lupakan loh… Kehidupan seseorang memang tidak ada yang tau , akan seperti apa jalannya. Kadang kebahagiaan bisa saja menyelimuti kehidupan kamu, tapi tidak jarang juga duka cita akan muncul dalam kehidupan kamu. Kedua hal tersebut memang sudah menjadi roda yang berputar dalam hidup kita. Kebahagiaan memang selalu kita harapkan hadir dalam perjalanan hidup, tapi kalo kamu hidup tanpa masalah malah akan membuat kehidupan kamu tidak ada pelajaran apa – apa.
Cara Move On
via weheartit.com

Tapi, sayangnya sebagian orang tidak menyukai ada nya duka cita dalam kehidupan. Terkadang kalo ada duka yang muncul di kehidupan kamu dan merupakan duka yang mendalam, kamu akan kesulitan melupakannya bukan? Tapi, akhirnya duka itu menjdai kenangan masa lalu yang melekat erat dalam hati dan pikiran. Meskipun pikiran kamu sudah berusaha menghilangkan ingatan tersebut, namun hati kamu pasti tetap merasakan sakit terhadap keanangan itu sehingga menjadi sangat sulit untuk kamu lupakan. Dengan kamu sulit untuk melupakan masa lalu kamu yang buruk itu, mau itu percintaan, kehilangan orang terkasih seperti keluarga, kehilangan kesempatan baik, atau hal lainnya, itu merupakan sesuatu yang wajar terjadi.

Karena ini sudah menjadi kodrat ketika hati seseorang sulit menerima kenyataan pahit apalagi untuk melupakannya, kamu juga memerlukan usaha keras serta keteguhan hati kamu tanpa perlu ada rasa ragu. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa membantu kamu , apabila kamu ingin melupakan masa lalu kamu yang buruk.

Cara Move On 


Melupakan masa lalu bukan berarti kamu menghilangkan kenangan tersebut dari pikiran dan hati kita. Yang perlu kamu ketahui, melupakan yang di maksud dalam konteks ini adalah kamu melupakan kejadian yang menyakitkan itu tanpa harus melupakan pelajaran apa yang bisa kamu ambil. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan…

1. Menganalisa Segala Permasalahan


Masa lalu yang terjadi, yang sulit di lupakan, juga menjadi bagian permasalahan dalam hidup kita. Ketika kamu sulit melupakan masa lalu, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah, menyendiri terlebih dahulu. Kamu harus merenungkan permasalahan yang telah menimpa kamu, tanpa kamu menghakimi diri kamu , bahwa diri kamu yang bersalah. Analisalah segala permasalahan yang muncul di kehidupan kamu, kamu harus yakin bahwa setiap masalah pasti ada solusinya. Jadi, renungkan lah kesalahan apa atau permasalahan apa yang muncul pada diri kamu, lalu kamu juga harus berusaha mencari cara atau jalan keluar dari masalah tersebut dan berusaha untuk tida mengulangi kesalahan yang sama.

2. Biarkan Mengalir


Meskipun masa lalu yang kamu alami buruk dan sulit untuk kamu lupakan, tapi kamu harus yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kamu memang sudah di gariskan oleh Tuhan. Apapun kejadian atau kenangan buruk yang kamu alami, itu adalah cobaan yang di berikan oleh Tuhan, dan pasti nya telah merencanakan sesuatu yang lebih baik untuk kamu. Biarkan saja hidup kamu terus berjalan, jadi kan masa lalu kamu itu untuk menaikkan derajat kamu agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Hadapi Masa Lalu Itu


Cara terbaik agar bisa melupakan masa lalu kamu adalah kamu harus bisa menghadapinya, dengan keberanian menjadi kunci utama dalam proses ini. Memang sih.. hidup dengan masa lalu yang buruk tidak mudah, tapi ketika kamu berani dan berjuang untuk menghadapinya lambat laun kita akan mampu menerimanya dan ikhlas dengan segala yang terjadi. Tapi, bagaimana pun, masa lalu yang terjadi tetaplah bagian dari hidup kamu, jika kamu melupakannya berarti kamu melupakan diri kamu sendiri. Maka hadapilah masa lalu kamu itu, peluklah masa lalu itu agar kamu mampu menghadapi hari esok dengan penuh makna.


4. Pantang Menyerah


Kamu pasti pernah dong liat seorang anak yang terjatuh ketika sedang belajar naik sepeda bukan? Meski anak itu sudah terjatuh berapa kali pun, jika anak itu berani maka dia akan kembali belajar menaiki sepeda agar nanti nya dia menjadi baik lagi atau menjadi bisa dalam menaiki sepeda nya, begitu juga dengan kehidupan kamu. Ketika kamu merasa jatuh dan sakit jika mengingat masa lalu kamu, kamu harus tetap bangkit. Jangan sampai kamu menyerah dan kamu harus bangkit melihat masa depan yang lebih baik lagi. Dengan kamu terus memfokuskan diri pada masa lalu, secara tidak langsung kamu akan mengabaikan kehidupan kamu di masa yang akan datang. Kamu boleh saja mengingat masa lalu, tapi hanya sebatas untuk menjadikannya sebuah pembelajaran untuk menghadapi masa depan sehingga nantinya kamu tidak akan menjadi orang yang lemah.

5. Mau Memaafkan Dan Melupakan


Jika masa lalu yang sulit kamu lupakan itu merupakan rasa sakit yang di sebabkan karena orang lain maka kamu harus bisa memaafkan orang telah menyakiti kamu. Lupakan saja kesalahan yang dia perbuat kepada kamu, setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, jadi dengan kamu bisa memaafkan , itu sudah menjadi langkah yang tepat. Atau kamu mungkin sulit melupakan masa lalu kamu karena kamu sendiri yang melakukan kesalahan? Tapi, ini tetap sama, hanya dengan memaafkan itu sudah menjadi jalan yang terbaik, maafkanlah diri kamu dan mulailah untuk memperbaiki diri kamu.

6. Senantiasa Bersyukur


Untuk cara yang paling mudah, kamu harus senantiasa untuk bersyukur, ingatlah kenangan apa saja yang pernah terjadi di hidup kamu. Segala permasalahan yang terjadi di masa lalu kamu, yang sulit kamu lupakan, merupakan bagian yang sangat kecil dalam hidup jika di bandingkan dengan hal – hal indah yang pernah kamu alami, ingatlah kejadian kecil namun memiliki pengaruh yang positif kepada kamu. Dengan begitu kamu akan merasa bahwa hidup kamu sangat indah, dan dengan kamu bersyukur kamu bisa menikmati berbagai hal – hal indah dalam hidup.

7. Mengambil Pelajaran Dalam Setiap Masalah 


Jangan pernah kamu menyesali permasalahan atau keputusan yang bisa membuat kamu kecewa, yang perlu kamu ketahui menyesal adalah perbuatan yang tidak professional sama sekali. Segala keputusan yang ada di dalam hidup kamu, itu ada di tangan kamu, kamu juga tidak bisa mengatur segala permasalahan agar semua bisa berjalan seperti yang kamu mau. Cukup dengan kamu mengetahui dan meyakini kalo dalam setiap kejadian itu pasti akan selalu ada hikmah di dalamnya.

Baca : Manfaat percaya diri

8. Fokus Pada Kehidupan Kamu Saat Ini


Jika kau terlalu memikirkan masa lalu yang terjadi di hidup kamu, itu akan membuat jalan hidup kamu berantakan. Apa yang sedang kamu jalani saat ini harus kamu lakukan  dengan penuh keyakinan. Terkadang, jika kamu memikirkan masa lalu yang buruk bisa membuat kamu ingin segera menuju ke masa depan, dengan kamu berharap di masa depan bisa memberikan harapan yang lebih indah. Tapi, jika kamu terlalu fokus dengan masa depan, itu juga tidak baik untuk kamu, dengan kamu mengharapkan perubahan yang cepat itu merupakan hal yang sulit. Setiap perubahan pasti membutuhkan waktu, oleh karena itu kamu harus bersabar dan senantiasa berpikir positif, karena dengan kamu berpikir positif, akan membantu kamu untuk melakukan hal – hal yang positif.

9. Cintailah Diri Kamu


Jika kamu tidak bisa melupakan masa lalu karena kamu telah di sakiti oleh seseorang, maka kamu jangan merasa rendah diri, setiap orang pasti memiliki kelebihannya masing – masing. Ya, memang terkadang di sakiti oleh seseorang membuat kamu merasa menjadi orang yang penuh dengan kekurangan, dan kita pun selalu berpikir kalo orang lain menyakiti kita itu karena kekurangan yang kita miliki, cintailah diri kamu. Lihat lah orang – orang di sekitar kamu, yang selalu peduli dengan kamu, lihat juga apa saja yang mampu kamu lakukan untuk orang di sekitar kamu, nanti nya kamu akan mampu melihat apa saja kelebihan yang kamu miliki sehingga kamu akan mencintai diri kamu apa ada nya.

10. Jangan Kejam Terhadap Diri Sendiri


Sering kali, secara tidak sadar kita pasti akan menyalahkan diri kita sendiri terhadap kejadian buruk yang kita alami, jangan sampai kamu melakukan hal tersebut terhadap diri kamu, kejam terhadap diri sendiri itu bukanlah pilihan yang tepat. Dengan kamu menyalah kan diri sendiri, kamu akan menjadi merasa depresi karena kamu akan selalu diliputi oleh rasa bersalah. Lupakan saja masa lalu kamu yang buruk itu, ambil hikmah terhadap segala keputusan yang telah kamu ambil. Suatu hal yang wajar ketika seseorang melakukan kesalahan, kamu pun juga bisa melakukan kesalahan. Maka kamu harus bisa memaafkan diri kamu dan kembali melihat masa depan.

11. Lakukan Hal – Hal Yang Menyenangkan Bersama Sahabat


Ada begitu banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk bersenang – senang di dalam hidup ini, kamu bisa mencari teman baik kamu kemudian lakukan lah hal yang menyenagkan bersama mereka. Dengan kamu berkumpul bersama sahabat kamu, ini akan membantu kamu dalam melupakan masalah buruk yang terjadi pada kamu. Selain itu, hal – hal menyenangkan yang kamu lakukan akan membantu kamu untuk selalu berpikir positif bahwa kamu masih bisa melakukan banyak hal menarik dalam hidup. Dengan begitu, kamu akan mudah menjalani hidup tanpa bayang – bayang masa lalu.

12. Menghilangkan Benda Masa Lalu


Terkada masa lalu yang buruk akan menjadi kembali teringat, jika kamu melihat benda peninggalan orang yang menyakiti kamu bukan? Kasus – kasus beginilah yang biasa terjadi pada percintaan yang gagal, kadang kita pun kesulitan untuk melupakan mantan kekasih kita. Apa lagi ketika kamu melihat benda peniggalannya.. Maka langkah terbaik selanjutnya adalah kamu harus meninggalkan benda yang di berikan oleh orang yang telah menyakiti kamu.

Kalo kamu ga pengen buang kamu bisa berikan barang itu kepada orang lain, yang mungkin lebih membutuhkan, yang penting usahakan agar kamu tidak melihatnya lagi. Dengan kamu melihat benda – benda yang diberikan oleh mantan kekasih, itu akan membuat kamu mengingat nya kembali. Jadi dengan seiring kamu tidak melihat benda apapun yang di berikan oleh mantan kekasih kamu,  maka ini akan membuat kenangan bersama juga menjadi hilang.

Tidak peduli dengan keadaan hati, karena hidup terus berjalan, jangan habiskan waktu kamu untuk memperbaiki masa lalu, karena ini sama saja dengan menyia – nyiakan sisa hidup kamu.
Fokus untuk berjalan kedepan, jangan pernah kamu memutar balik ke belakang, di sana hanya ada hantu – hantu dan kenangan yang tidak membutuh kan kamu.

Semoga bermanfaat ☺
-article by Sherene.L-

Belum ada Komentar untuk "Punya Masa Lalu Yang Buruk Dan Menyakitkan? Ini Dia Cara Move On Nya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel