12 Kewajiban Dan Tanggung Jawab Suami? Menafkahi sajakah?

Kewajiban Dan Tanggung Jawab Suami - Dengan memiliki keluarga yang bahagia dan harmonis merupakan dambaan setiap pasangan.Nah, agar kalian bisa mencapai nya kalian tentu sangat perlu peran dari dua belah pihak, yaitu suami dan istri.


Kebanyakan nasehat sekarang itu, semuanya berkuat pada tugas dan kewajiban seorang istri kepada suami.Terus, gimana dengan tugas seorang suami terhadap istri? Kamu bisa melihat penjelasan berikut ini..
Kewajiban Dan Tanggung Jawab Suami
Gambar by sintamilia.com

Kewajiban Suami


1. Menafkahi


Nafkah merupakan hak wajib yang bisa di dapat kan oleh seorang istri dari suaminya. Ketika pasangan ini menikah, maka untuk pria secara otomatis bertanggung jawab atas kelangsungan hidup istrinya. Karena itu, suami sangat wajib untuk memberikan nafkah secara cukup untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan, termasuk juga dengan biaya anak – anak , untuk pasangan suami istri yang sudah memiliki anak.

2. Menggauli Istri Dengan Baik


Selain nafkah yang wajib di berikan oleh suami, istri juga membutuhkan nafkah batin. Tapi, ssperti apa sih nafkah batin itu? Untuk nafkah batin, bisa di wujudkan dalam hubungan suami istri yang mesra dan penuh dengan kasih sayang.Seorang suami sangat wajib untuk menggauli istri nya dengan baik, berikan lah istri kamu kasih sayang dan perhatian.

Jika kalian berhubungan intim, yang perlu kamu ketahui adalah, dalam berhubungan intim yang baik di dalam agama tidak ada yang namanya kekerasan lakukan dengan kasih sayang, dan tidak ada unsur paksaan.Ada kalanya istri kamu menolak berhubungan badan, bisa saja karena dia lelah, kamu sebagai suami harus bisa memahami ini dengan baik.

3. Menjaga Aib Istri


Jangan pernah kamu sekali – kali menceritakan kehidupan pribadi istri atau rumah tangga kamu kepada orang lain, apalagi kalo sifat istri kamu yang tertutup. Kamu sebagai suami, sudah sepatutnya menjaga nama baik istri kamu dengan tidak menceritakan kejeleka atau keburukan istri kamu di hadapan orang lain. Bukan hanya tidak baik saja, hal ini juga akan sangat menyakiti perasaan istri kamu sebagai pasangan nya. Bagaimana pun aib istri juga akan menjadi aib suami juga.

4. Membimbing Istri


Seorang suami merupakan pemimpin bagi istri dan keluarga nya.Maka sudah menjadi kewajiban kamu untuk memberikan contoh yang baik dan membimbing keluarg ke jalan yang benar dan sesuai dengan adat istiadat yang ada. Selain dengan mencukupi kebutuhan pendidikan keluarganya, sebagai seorang suami / ayah , mereka juga wajib membimbing keluarga dengan ilmu agama.

5. Memperlakukan Istri Dengan Baik


Jika kamu sudah siap untuk menikahi seorang perempuan itu tandanya kamu juga siap mengambil alih tanggung jawab dari orang tuanya.Oleh karena itu suami diwajibkan untuk memperlakukan istri mereka sebaik mungkin, menjaga nya dengan penuh kasih sayang, serta mencukupi kebutuhannya.

Yang perlu kamu ketahui juga, ada baiknya jika kamu tidak membiarkan istri kamu mengerjakan pekerjaan rumah tangga sendiri, mau itu mencuci kek, mau masak, ngurus anak, dan sebagainya, ada baik nya jika kamu bisa meringankan bebannya dengan bersama – sama melakukan tugas rumah tangga.


6. Menghormati Orang Tuanya


Orang tua dari istri kamu adalah orang tua kamu juga.Jadi kamu haru belajar untuk memberikan rasa hormat dan berbakti kepada keduanya.Kamu harus memperlakukan orang tua dari istri kamu layak nya orang tua kamu sendiri.Meskipun kamu merasa ada sifat atau perilaku mereka yang kurang kamu sukai, jangan pernah kamu melakukan hal yang kasar kepada mereka.

Nah, itulah beberapa kewajiban seorang suami kepada istrinya. Jika kamu sudah mengerti lakukan lah yang terbaik untuk istri kamu, tapi, tunggu dulu… Kamu sebagai seorang suami juga memiliki tanggung jawab lho..Apa saja tanggung jawab itu? Yuk simak penjelasan berikut ini..

Baca juga : Tanda Istri Selingkuh

Tanggung Jawab Suami


1. Menjadi Pemimpin Rumah Tangga


Pada umumnya, semua manusia bisa menjadi seorang peimimpin, mereka memiliki kewajiban dan kemampuan untuk menjadi pemimpin di dunia ini.Tapi, khusus pria, mereka memang telah diberikan kelebihan oleh Yang Maha Kuasa untuk menajdi pemimpin, khususnya dalam lingkungan keluarga.

Untuk kamu para pria, jika kamu sudah menikah kamu memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin rumah tangga.Sebagai pemimpin, kamu wajib untuk mengayomi, memberi teladan dan membuat keputusan yang baik untuk keluarga nya.Dalam sebuah keluarga, seorang istri juga wajib untuk menaati suaminya sebagai pemimpin dalam keluarga.

2. Melindungi Istri Dan Anak – Anak


Seorang pria yang sudah menikah juga harus bisa melindungi kerluarganya dari kejahatan dan bahaya. Misalnya, melindungi istri dari fitnah, melindungi anak – anak nya dari orang yang jahat, dana apapun yang mengganggu keluarga kalian.Sebagai seorang suami yang baik tentu saja kamu harus melindungi istri dan anak – anak kamu, karena nantinya mereka adalah bagian dari hidup kamu.Merka merupakan orang – orang yang berkaitan dengan kamu dan juga menjadi tanggung jawab kamu secara utuh.Jika mereka dalam bahaya maka kamu adalah orang pertama yang harus maju dan melindungi mereka sekuat tenaga, karena mereka adalah orang berharga yang pernah kamu miliki.

3. Memelihara Harga Diri Keluarga


Kamu sebagai pria, kalo udah menikah itu, ibarat nya seorang istri adalah pakaian untuk suaminya, begitu juga sebaliknya. Yang dimana artinya itu sepasang suami istri harus bisa menjaga harga diri dan kehormatan satu sama lain. Hal terlarang yang sama sekali tidak boleh dilakukan oleh seorang suami adalah menceritakan aib istri nya kepada orang lain. Jika sampai hal itu terjadi, maka sama saja dengan suami kamu membuka aibnya sendiri dan itu bisa menjadi sifat durhaka suami kepada istri.

4. Tetap Menghormati Orang Tua


Jika pun kamu sudah menikah, bukan berarti jika kamu bisa lepas dari orang tua kamu begitu saja, atau istilahnya kamu sudah tidak mau berhubungan dengan orang tua kamu lagi.Tapi yang benar adalah setelah menikah kamu harus berhubungan dengan orang tua kandung ataupun mertua kamu harus tetap terjalin dengan baik dan juga rukun sehingga keluarga kamu pun menjadi lebih harmonis.Selain kamu bisa menghargai istri kamu, kamu sebagai suami juga harus menghormati orang tua serta mertua kamu setelah sah menjadi pasangan suami istri. Karena dengan kamu menikah, tanggung jawab kamu juga akan semakin besar.

5. Selalu Ada Bagi Istri 


Jika kamu sudah menikah dan mengikat janji suci di hadapan agama itu artinya kamu sudah bersedia untuk saling ada satu sama lain selamanya. Sebagai seorang suami yang baik maka kamu harus selalu ada untuk istri kamu, ketika mereka sedih dan juga ada masalah maka kamu harus membantu dan menghibur mereka.

6. Membahagiakan Istri


Tentu saja kamu menikah dengan orang yang kamu cintai bukan?Karena denga kamu menikah dengan orang yang kamu cintai dan yang kamu sayangi itu merupakan salah satu hadiah terindah dalam hidup dan tidak bisa dibandingkan dengan yang lainnya. Nah, jika kamu sudah menikah, kamu harus bertanggung jawab untuk membahagiakan istri kamu. Dengan kamu bisa membahagiakan istri kamu, maka kamu bisa menjadi suami yang baik.Jadi jika kamu sudah menikah, jangan sampai kamu menyakiti hati istri kamu, tapi kamu harus membuat istri kamu menjadi bahagia dan menjadi lebih menyayangi kamu.


Itulah beberapa kewajiban dan tanggung jawab suami setelah kamu menikah. Ternyata jika kamu lihat – lihat lagi, kewajiban dan tanggung jawab sebagai seorang suami sangat lah besar, jadi jika bagi kamu yang belum menikah, terus ingin menikah kamu nya belum siap, maka jangan dulu ya..Karena hal seperti itu bisa mengibatkan hubungan pernikahan kalian menjadi tidak langgeng.

Semoga bermanfaat 
-article by Sherene.L-


Belum ada Komentar untuk "12 Kewajiban Dan Tanggung Jawab Suami? Menafkahi sajakah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel