15 Cara Meminta Maaf Kepada Teman, Sahabat, Ataupun Pacar Kamu!

Momotau.com Cara meminta maaf kepada teman, sahabat, pacar dan orang lain. Meminta maaf bukan lah hal yang mudah, apalagi sekarang banyak orang yang tidak bisa mengakui kesalahannya. Meminta maaf kepada orang yang sangat kamu sayangi, seperti teman, sahabat, atau pacar kamu, itu bahkan hal yang lebih sulit lagi. Bertanggung jawab atas kesalahan yang kamu lakukan perlu keberanian yang besar. Jika kamu benar – benar merasa bersalah, hadapi rasa takut kamu dan tunjukkan bahwa kamu benar – benar menyesali kesalahan kamu ini.

Maafkan dan berdamai


Berikut cara – cara yang dapat membantu kamu meminta maaf kepada orang yang kamu sayang..


1. Tuliskan Permintaan Maaf Kamu Dan Latih Diri Kamu Untuk Berani Menyampaikannya


Menemukan kata – kata yang tepat untuk meminta maaf bukanlah hal yang mudah. Kalo bisa kamu langsung menyampaikan kata permintaan maaf kamu saat kalian bertemu, kamu bisa gunakan catatan yang sudah kamu buat untuk menuliskan permintaan maaf kamu. Kamu bisa menuliskannya dalam bentuk kalimat atau dalam bentuk daftar. Kamu juga harus latih diri kamu membaca permintaan maaf ini beberapa kali sampai kamu merasa percaya diri dan nyaman. Kamu bisa megubah bagian – bagian yang terdengar buruk atau aneh, ubah agar kamu bisa melakukan nya dengan mudah dan percaya diri.

2. Bertanggung Jawablah Atas Tindakan Yang Kamu Lakukan


Sebelum meminta maaf secara tulus dengan baik, kamu harus bisa memaafkan teman, sahabat atau pacar kamu atas kesalahannya dalam pertengkaran tersebut atau dalam permasalahan tersebut. Ketika kamu bisa menghilangkan atau melupakan rasa sakit hati, kamu bisa berhenti untuk membela diri kamu yang pada kenyataan nya memang salah. Kamu haru tau, harus sadar jika kamu melakukan kesalahan, kamu harus sadar bahwa tindakan kamu itu menyakitkan, dan kamu harus bertanggung jawab atas kata – kata dan perbuatan yang sudah kamu lakukan.

3. Jernihkan Pikiran Kamu


Bertengkar dengan orang yang kamu sayangi, bisa bikin kamu stress sendiri kan? Banyak kemungkinan yang terjadi pada kamu dari emosian, mulai dari amarah sampai penyesalan. Dengan kamu menuliskan apa yang ada di pikiran kamu, kamu setidaknya bisa mengurangi sedikit demi sedikit emosi yang ada pada diri kamu. Saat kamu sudah menyeselesaikan tulisan kamu itu , cobalah untuk membaca nya. Gunakan komentar positif yang akan kamu bagikan dengan teman kamu dan coret lah bagian – bagian yang bisa menyakitkan hati orang di sekitar kamu.

4. Minta Orang Yang Akan Kamu Minta Maaf Untuk Bertemu


Jika kondisi mendukung, ada baiknya jika kamu meminta maaf kepada orang tersebut secara empat mata. Kenapa? Karena ketika kamu bertemu dengan nya langsung, kamu dan dia bisa melihat ekspresi wajah dan bahasa tubuh satu sama lain, yang bisa membantu kamu untuk mengurangi terjadinya salah paham. Hubungi orang tersebut, sampaikan kepada nya jika kamu ingin meminta maaf, dan kamu harus bisa mengatur jadwal kalian untuk bertemu berdua saja. Jangan terlalu lama untuk menghubungi orang tersebut, jika dia tidak mau bertemu, kamu bisa coba untuk mengajak nya bertemu lagi dalam beberapa hari ke depan, kamu harus terus mengirimkan kabar jika dia menolak.

5. Lepaskan


Apa yang dilepaskan? Nah, setelah kamu menyampaikan segala yang diperlukan dan kamu juga telah mendengar tanggapan dari orang tersebut, maka kamu harus berhenti memikirkan masalah tersebut. Agar orang itu mau memaafkan kamu, kamu harus menyadari bahwa kamu sudah melakukan segala hal yang diperlukan untuk memperbaiki keadaan. Jika kamu sudah benar – benar bertanggung jawab atas kesalahan kamu, kamu pasti tidak akan mengungkit masalah ini lagi.

6. Berikan Waktu Kepada Orang Itu Untuk Memaafkan Kamu


Kamu sudah meminta maaf atas kesalahan yang kamu lakukan, tetapi orang tersebut bisa saja belum siap untuk melupakan masalah ini. Kamu harus terus bersabar. Kamu jangan memaksakannya untuk memaafkan kamu. Jika dia meminta ruang, tunggu lah dia menghubungi kamu nanti nya, kamu jangan menyalahkannya. Sayangi dia dan tunjukkan bahwa kamu menyayanginya apa adanya. Saat meminta maaf, kamu ajaklah dia pergi ke suatu tempat dimana kalian bisa berdua saja. Kamu harus bersikap jujur, bicara lah dari hati.

7. Rajin Mengubah Diri Menjadi Lebih Baik


Gunakan waktu luang yang kamu miliki untuk belajar menjadikan diri kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Bisa juga dengan memilih - milih waktu sambal melihat yang sudah berlalu. Siapa tau kamu secara tidak sengaja telah menyakiti orang lain, dan ada baiknya jika kamu segar meminta maaf. Dan tidak sampai disitu saja,  tetapi untuk kedepannya kamu harus mengubah sikap kamu baik dalam pkiran, perkataan , dan perbuatan yang salah.

8. Temukan Moment Yang Bagus


Apabila kamu merasa ini sudah terlalu lama di biarkan. Kamu harus mencari moment/ suasana yang tepat untuk meminta maaf. Kamu harus bisa mengatur waktu, yang dimana kalian sama – sama tidak sedang sibuk, ada masalah lain, liburan keluarga, atau pun hal lain, tapi cari waktu saat sedang santai, istirahat, atau waktu luang lainnya. Kamu harus tau bahwa ini semua adalah tentang komunikasi. Jika ketegangan sudah berkahir maka tidak ada salahnya jika kamu mengajak orang tersebut untuk melakukan hal biasanya yang kamu lakukan berdua. Kayak, misalnya kamu bisa membawa dia ke dalam kenangan masa lalu, ketika hubungan kalian masih baik – baik saja. Kalo bisa bawa langsung ke tempat kalian melakukan moment yang tidak terlupakan. Mungkin dengan cara diingatkan kepada kenangan bersama yang dulu indah mungkin bisa membuat kamu meminta maaf sehingga suasananya lebih cair dan hubungan kalian bisa terljalin dengan baik lagi.

9. Berbuat Baik Padanya Akan Membuka Pintu Kepada Perbaikan Hubungan


Kamu harus bisa tau bahwa kebaikan adalah energy positif yang dapat menetralkan suhu panas atau energy negative yang sedang kamu alami. Kamu bisa mulai dari kebaikan kecil, misalnya melalui senyuman. Lalu, kamu bisa melanjutkannya dengan kebaikan lainnya , sampai dia benar – benar mau meneriman permintaan maaf dari kamu.Kebaikan yang kamu lakukan ini bisa saja memperbaiki kepercayaan yang telah luntur.

Baca juga : Chat cuma di read gebetan Kenapa?

10. Pegang Prinsip Untuk Konsisten Dan Jangan Mengulanginya Kembali


Kalau sudah di maafkan harusnya kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama. Ini merupakan prinsip dan komitmen hidup. Jadi dari bagian terakhir ini orang – orang bisa melihat apakah kamu benar – benar menyesali perbuatan kamu.

11. Jangan Memaksa


Jangan memaksa orang agar segera memaafkan kamu. kamu bisa berikan waktu beberapa saat agar dia dapat mempertimbangkannya dengan benar. Kamu harus ingat, bahwa membangun kepercayaan itu bukanlah hal yang mudah. Setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda – beda untuk mengatasi sakit hati yang muncul akibat kesalahan orang lain.

12. Bantu Dia Menyeselesaikan Masalah nya


Di setiap kehidupan masing – masing pasti memiliki masalah yang berbeda – beda. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengetahui kondisi tentang dia. Mungkin saja dia sedang punya masalah yang coba untuk diselesaikannya. Oleh karena itu, manfaatkanlah situasi ini untuk menunjukkan niat baik kamu untuk bisa memperbaiki hubungan kalian dengan coba untuk membantu menyeselesaikan permasalahan tersebut.

13. Bantu Dia Menyeselesaikan Pekerjaannya


Ini bisa saja menjadi salah satu moment yang mungkin bisa mempersatukan kalian kembali. Kamu bisa ambil kesempatan ini untuk menunjukkan niat baik kamu dan kamu menyatakan bahwa kamu benar – benar sudah berubah.

14. Memberi Hadiah


Hal seperti ini mungkin lebih cocok buat pasangan kalian. Kamu bisa membelikan barang yang disukai oleh pasangan kamu. Setelah itu, kamu bisa meminta maaf kepada pasangan kamu, dan kamu harus benar – benar menyesali kesalahan kamu.

15. Menerima Akibatnya


Jika itu memang kesalahan kamu, maka kamu harus tau bahwa di setiap pelanggaran aturan baik itu aturan hukum maupun kesepakatan bersama yang sudah kalian buat pasti selalu ada akibatnya. Kamu harus bisa menerima segala akibat nya dengan begitu berate kamu sadar dengan hukum dan bisa memegang kata – kata yang telah di ucapkan.

Gimana..? kamu udah tau cara meminta maaf kepada orang yang kamu sayang dengan benar? Jika sudah, kamu langsung lakukan, jangan di tunda lagi, apabila kamu biarkan terlalu lama, bisa – bisa permintaan maaf kamu, akan menjadi tidak berguna di mata dia.

Ketika kamu bisa meminta maaf, maka seharusnya kamu bisa memaafkan orang lain juga dong… apa kamu susah dalam memaafkan orang lain? Mungkin beberapa cara memaafkan orang berikut ini bisa membantu kamu..

Baca Juga : Aplikasi cari jodoh bule

Cara Memaafkan Teman Sahabat Pacar atau orang lain  :


1. Sadari lah Bahwa Didunia Ini Tidak Ada Manusia Yang Sempurna


Mau sampe kita keliling dunia pun, jalan sampai ke ujung dunia pun , kita tidak akan pernah mendapatkan orang yang sempurna. Hanya Tuhan lah yang sempura di atas segala yang hidup. Jadi kesalahan adalah hal yang bisa di lakukan oleh setiap orang, yang penting orang tersebut ada niat untuk berubah

2. Sadarilah Bahwa Jika Kamu Bisa Memaafkan Orang Lain Maka Kesalahan Kamupun Akan Bisa Dimaafkan


Di dalam hidup ini berlaku yang nama nya sistem ‘apa yang kamu tanam, itu yang kamu petik’ . oleh sebab itu, kamu tidak ada rugi jika bisa memaafkan orang lain. Jika kamu mampu mengerti dan menerima kesalahan orang lain dan dengan mudahnya memaafkan orang tersebut, bisa saja ketika kamu melakukan kesalahan yang tidak di sengaja, kamu juga akan dengan mudah di maafkan oleh orang lain.

3. Kuatkan Hati Dan Bersabar


Sabar itu biasanya sama dengan diam. Kamu harus bisa besabar dan kuatkan hati kamu. Kuatkan hati kamu untuk menerima apa yang terjadi, dan usahakan untuk tidak menyimpan dendam apapun. Seiring dengan berjalan nya waktu pasti itu akan berubah.

4. Nikmati Perihnya Disakiti


Percayalah ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika kamu mengalaminya di depan orang penting dan di depan orang umum. Seperti ada rasa kesombongan di dalam diri kamu yang bisa membuat rasa sakit hati itu semakin terasa. Oleh karena itu, rendahkan diri dan hancurkan kesombongan yang ada pada diri kamu.

5. Alihkan Konsentarsi Kamu


Jangan kamu biarkan hal – hal negative yang kotor mengisi pikiran kamu yang kosong, kamu harus bisa memikirkan sesuatu yang positif, misalnya kitab suci , pelajaran, ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan dan lain sebagainya.

6. Tidak Perlu Melawan 


Jika itu bisa menimbulkan kerugian bagi kamu makan kamu bisa melawan nya dengan hukum , tapi bukan dengan otot ya… ingatlah bahwa pembalasan dan penghakiman yang paling adil hanya berasal dari Tuhan.

7. Memperbaiki Diri


Ini adalah bagian penting. Mungkin terdapat kesalahan sendiri dalam peristiwa yang telah terjadi. Kamu bisa mengingat nya kembali di saat waktu luang, lalu kamu lihat kesalaha kamu ada dimana. Apabila kamu yakin tidak ada kesalahan di sana, maka kamu tidak perlu mengubahnya. Tapi, jika kamu tidak yakin, kamu bisa bertanya kepada orang di sekitar kamu. Berubahlah demi perdamaian bersama

8. Jadilah Orang Yang Mampu Berbahagia Disegala Kondisi


Kamu tau kan bahwa bahagia itu berasal dari dalam hati? Peristiwa yang semua terjadi tidak sepenuh nya mampu membahagiakan kita. Ini bukan lah tentang apa yang kamu miliki, jika kamu orang yang hebat, ketika kamu merasa suasana hati kamu sedang bahagia, maka setidaknya kamu bisa membagikan senyuman itu kepadanya. Karena dalam kebahagiaan rasa yang terluka itu bisa menjadi semakin berkurang.

Ya.. itu lah yang bisa membantu kamu untuk memaafkan orang yang berbuat kesalahan kepada kamu. Jangan kamu simpan dendam itu dalam waktu yang cukup lama, kamu pasti merasa tidak nyaman bukan? Maka dari itu, mulai lah dari sekarang, untuk selalu memaafkan orang lain..
Setelah kamu tau cara memaafkan orang lain, kita selalu di hadapkan dengan kepribadian manusia yang berbeda – beda. Belum lagi masalah situasi dan besar kecilnya permasalahan tersebut. Lalu, agar kamu tidak salah dalam memaafkan orang, berikut ini ada beberapa tipe orang yang pantas untuk dimaafkan…

Orang Yang Pantas di maafkan :

  1. Tipe orang yang tau diri. Dia pasti akan langsung minta maaf. Orang seperti ini layak untuk dihargai. Semoga bisa dimaafkan
  2. Tipe manusia rendah hati tapi masih malu – malu. Mereka akan menunjukkan sikap segan yang lebih mengarah kepada rasa bersalah yang di tunjukkannya lewat sikapnya yang rendah hati. Namun mereka masih malu – malu. Nah, yang ini boleh kamu kasih ampun…
  3. Tipe orang yang mudah lupa / tidak sadar. Hmm.. mungkin aneh ya? Tapi tidak ada salah nya jika kamu mengingatkannya, bisa saja dia melupakan masalah itu karena ada masalah yang baru. Cobalah untuk mencari moment yang tepat untuk menyadarkannya, tapi ada baiknya jangan di lakukan di depan umum, dilakukan dengan empat mata saja..
  4. Tipe orang yang berusaha memperbaiki diri. Bisa saja dia belajar dari kesalahannya, jika kamu melihat sikap dia yang semakin baik, kamu pantas untuk memaafkan dia. Hargai lah usaha yang dilakukan orang tersebut
  5. Tipe orang yang ingin belajar dari kesalahan nya. ayolah.. mungkin dia melakukannya kesalahan itu karena dia tidak mengerti perbuatan itu. Tidak ada salahnya bukan, jika kamu memaafkannya dan mengajarkan nya dengan benar.


Jadi, ekspresi yang di tunjukkan orang setelah bersalah itu berbeda – beda. Sebelum rasa bersalah itu membebani hati dan pikiran kamu, lebih baik sempatkan waktu kamu untuk meminta maaf. Tau diri itu lebih baik daripada kamu membiarkannya saja, seperti ada rasa yang gimanaa gitu.. mengalah tidak selalu berarti kalah, melainkan terkadang ini menjadi sebuah cara baru untuk hidup yang lebih baik.

Saat mengahadapi masalah setiap orang memperlihatkan sikap yang berbeda – beda. Oleh karena itu, maafkanlah semuanya dengan ikhlas agar hati kamu tidak di penuhi oleh amarah, kebencian dan dendam. Jika memang salah, ada baik nya jika kamu langsung meminta maaf namun jangan memaksakan orang lain untuk meminta maaf. ‘karena kesadaran akan bersalah yang diiringi dengan kemauan untuk berubah lebih penting daripada sekedar kata – kata maaf’.

Semoga bermanfaat ☺

-article by Sherene.L-

Belum ada Komentar untuk "15 Cara Meminta Maaf Kepada Teman, Sahabat, Ataupun Pacar Kamu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel