Kesepian ya? Sedih dan tidak bahagia. Ini cara ampuh menghilangkan

Momotau.com Merasa kesepian dalam hidup itu tidak enak? Sedih dan tidak bahagia. Ini cara ampuh menghilangkannya! Ada berbagai alasan yang bisa membuat kamu menjadi merasa kesepian, mau itu rasa canggung kamu saat menghadapi orang lain atau karena kamu nya sendiri yang tidak suka bergaul. Akan tetapi, ada juga orang – orang yang merasa kesepian, padahal  mereka sedang berada di tengah orang banyak. Hal ini bisa terjadi karena mereka yang kurang mampu menjalin hubungan dengan orang lain. Ada saat nya kamu bisa merasa terjebak dalam kesepian dan rasa nya tidak menyenangkan bukan?
Kesepian
gambar : alamhikmah.org

Nah, kamu bisa mengatasi kesepian kamu dengan carakamu bertemu dengan orang – orang yang belum kamu kenal, kamu juga harus bisa belajar menghargai kesendirian, dan memperbaiki hubungan dengan anggota keluarga. Lalu apa lagi?

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu kamu mengatasi kesepian kamu..


1. Membedakan Antara Kesendirian Serta Kesepian


Kamu tau ga sih, apa bedanya kesendirian sama kesepian? Udah tau lah ya. Beberapa orang sekarang ini kebanyakan pada udah nikah tapi masih merasa kesepian dalam jalinan mereka bahkan mereka juga bisa merasa kesepian saat duduk di samping orang yang mereka cintai.

Dengan bersama tidak selamanya bisa menghilangkan rasa kesepian serta sendiri, tidak berarti kamu kesepian. Sebenarnya, ada beberapa orang yang merasa bahagia, kenapa? Karena mereka bisa menyeimbangkan emosional mereka dengan menggunakan sekian waktu sendirian seperti membaca, bermeditasi, serta olahraga.

Kamu harus bisa mengetahui apakah kamu cuma sendirian atau merasa kesepian. Sesudah kamu mengetahui nya, kamu bisa mengatasi nya dengan cara yang aktif. Jika kamu mengalami kesusahan yang berat, kamu bisa meminta bantuan dari orang yang bijaksana, seorang konselor atau orang yang lebih berpengalaman untuk membantu setiap masalah kamu.

2. Konsentrasi Pada Kebahagiaan


Tingkat kebahagiaan ada ditangan kamu, jika kamu merasa tidak bahagia, kamu harus mengambil aksi yang lebih untuk melakukan perbaikan ini agar menjadi lebih bahagia. Kamu harus bisa konsentrasi pada hal yang positif serta aktifitas yang mengasyikkan. Kamu harus bisa menggunakan waktu dengan rekan serta keluarga, dengan begitu bisa membantu kamu untuk mengusir rasa kesepian tersebut.

Kamu bisa memperbanyak teman – teman kamu dengan berkumpul serta berperan serta dalam beberapa kelompok sosial baru. Ikutilah beragam pelatiha, aktifitas kerohanian atau pusat komunikasi local, sempatkan sedikit waktu kamu untuk berperan serta dalam hobi atau aktifitas yang benar – benar kamu inginkan. Kamu juga bisa sambal mendengarkan lagu favorit kamu yang kamu suka, nah biasanya biasa membantu memengaruhi situasi hati kamu serta kondisi emosional.

Fokus saja kepada beberapa hal yang bikin kamu bahagia, bukanlah pada beberapa hal yang beberapa orang serta beberapa tempat yang tidak kamu sukai. Kamu harus senantiasa ingat kalau kamu yang betul – betul bisa mengendalikan tingkat kebahagiaan kamu sendiri.

3. Buang Jauh Masa Lalu


Hal penting yang harus bisa kamu lakukan sebelum memulai tahapan untuk mengatasi kesepian adalah kamu harus bisa membuang jauh masa lalu kamu sejauh mungkin. Lepaskan kaki dan pikiran kamu dari momen – momen di masa lalu. Terutama ketika status kamu bukan seorang jomblo alias punya pasangan.

Meskipun kamu mengalami momen yang indah ketika kamu masih punya pasangan, tetap itu adalah masa lalu kamu. Apalagi jika kamu pernah mengalami kejadian yang buruk dengan mantan kamu. Ada baiknya jika kamu bisa membuang dan menghapus ingatan itu selamanya,

Tataplah masa depan yang sudah menunggu kamu, yang akan kamu isi dengan kehidupan yang lebih baik. Dengan kamu bisa melupakan masa lalu kamu, kamu akan mempunyai kekuatan untuk tidak lagi mengingat kesepian yang kamu alami saat ini.

4. Mengunduh Aplikasi Hiburan di Smartphone Kamu


Saat ini, smartphone sudah di miliki oleh banyak orang. Mau itu dari anak sekolah, remaja , para karyawan, dan pensuinan pun sudah menggunakan smartphone dalam keseharian mereka. Nah, sekarang kamu bisa menggunakan smartphone kamu sebagai sarana penghibur kamu, saat kamu merasa kesepian.

Lalu gimana caranya? Kamu bisa mengatasi rasa kesepian kamu melalui bantuan smartphone yang kamu miliki, kamu bisa mengunduh aplikasi yang menurut kamu bisa menghibur kamu disaat kamu merasa kesepian. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa menjadi bantuan penghibur kamu, mulai dari aplikasi video seperti Youtube sampai aplikasi karaoke yang bisa membuat kamu melupakan rasa kesepian yang kamu rasakan.

Dengan smartphone, kamu pun bisa melakukan video call dengan teman – teman kamu. Meskipun kamu terpisah oleh jarak, kamu tetap bisa merasa dikelilingi banyak teman bantuan smartphone yang kamu miliki.

5. Gabung Dengan Komunitas


Pasti ada beberapa orang yang memiliki hobi yang sama dengan diri kamu, rata – rata mereka umumnya bergabung dalam satu komunitas. Sebuah komunitas yang berawal dari hobi yang sama inilah bisa menjadi tempat kamu meluangkan waktu dan membuang rasa kesepian yang kamu rasakan.

Dengan kamu bergabung dengan komunitas yang memiliki ketertarikan yang sama dengan kamu, ini akan membuat kamu mempunyai banyak aktifitas baru. Aktifitas ini akan sangat membantu kamu dalam mengusir rasa kesepian. Kamu bisa memperbanyak teman kamu di komunitas sehingga kamu pun bisa menjadi lebih bahagia.

6. Selalu Ada Buku di Dalam Tas


Saat kamu ingin jalan – jalan dan makan di luar, kamu yang selalu pergi sendiri pasti akan sering merasa kesepian. Karena pasti kamu nanti akan memiliki peluang untuk melihat orang – orang yang sedang berkumpul bersama. Pemandangan ini pasti akan membuat kamu menjadi semakin merasa kesepian.

Karena itu, cara mengatasi kesepian saat kamu sedang berjalan – jalan kamu bisa untuk selalu meyimpan buku yang suka kamu baca di dalam tas yang selalu kamu bawa. Meski saat ini udah banyak yang nama nya e – book tapi buku yang hasil di cetak masih tetap menarik bukan? Apalagi kamu sedang makan sendiri di pusat keramaian.

Saat kamu membaca buku, kamu juga memerlukan konsentrasi yang tinggi. Jadi ketika kamu sedang makan atau sekedar minum kopi kamu bisa sambal baca buku. Dengan demikian, kamu tidak banyak terganggu dengan orang – orang yang sedang asyik berkumpul ramai – ramai.

Baca juga : Ciri ciri suami selingkuh di dunia maya

7. Sering Berkumpul Dengan Teman


Rasa kesepian kamu biasanya akan muncul ketika kamu tidak memiliki aktifitas untuk dilakukan. Apalagi kalo udah hari libur, pasti buat kamu yang sibuk kerja atau punya aktifitas yang melelahkan akan menggunakan waktu liburan tersebut untuk beristirahat bukan? Belom lagi buat kamu yang belom punya pasangan, pasti hari libur bakal bikin kamu semakin merasa kesepian kan?

Karena itu, kamu bisa coba ajak beberapa teman kamu untuk berkumpul di rumah, atau kamu yang mengunjungi rumah mereka. Kamu bisa mengajak mereka untuk menginap, sehingga kamu tidak akan merasa kesepian juga pada malam hari. Kamu bisa membuat banyak aktifitas yang menarik bersama teman kamu, mau itu dari nonto bersama, atau kamu juga bisa bermain banyak permainan bersama. Dan yang terpenting kamu tidak merasa kesepian di malam libur berkat kehadiran teman – teman kamu.

8. Peliharaan Lucu


Dengan kamu memelihara hewan, bisa dijadikan sarana penghibur buat kamu yang sering merasa kesepian. Terkadang  tingkah laku hewan yang lucu dan menggemaskan ini bisa membuat kamu sejenak melupakan rasa sepia tau bosan yang melanda. Dengan keberadaan hewan peliharaan hewan di rumah, kamu pasti tidak akan merasa kesepian lagi. Nanti nya saat kamu pulang kuliah atau kerja, pasti sudah ada yang menunggu atau mencari kamu dirumah.

Apalagi jika kamu sudah cukup lama memelihara hewan tersebut, itu bisa membuat hewan peliharaan kamu ngerti dengan kamu. Bagi kamu yang ingin melepaskan isi hati, kamu juga bisa bercerita kepada hewan peliharaan kamu, tapi kamu jangan berharap bisa mendapat jawaban atau respon dari mereka loh.. wkwkwk

Siapa sih yang senang dengan rasa kesepian? Dengan kita yang terlahir sebagai makhluk sosial, manusia selalu membutuhkan orang lain di dalam kehidupannya. Tanpa teman atau pasangan hidup pasti hari – hari yang berlalu akan terasa tidak berarti. Agar itu tidak terjadi dengan kamu, kamu bia mempraktikkan tips mengatasi rasa kesepian yang sudah tertera di atas…

Semoga bermanfaat ☺
-article by Sherene.L

Belum ada Komentar untuk "Kesepian ya? Sedih dan tidak bahagia. Ini cara ampuh menghilangkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel